GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

INDONESIA TERKINI:

latest

Pekan Taaruf UHAMKA, Kontribusi untuk Indonesia

Pekan Taaruf UHAMKA atau yang dikenal dengan sebutan PETA merupakan salah satu program unggulan yang diselenggarakan setiap tahun sebagai bentuk dan upaya dalam mengenalkan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka secara lebih lu…

Pekan Taaruf UHAMKA atau yang dikenal dengan sebutan PETA merupakan salah satu program unggulan yang diselenggarakan setiap tahun sebagai bentuk dan upaya dalam mengenalkan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka secara lebih luas.

PETA digagas sebagai program pengenalan kampus. Kegiatan ini pertama kali berjalan sejak tahun 2016 dan masih dilaksanakan hingga kini. Setiap tahun, Pekan Taaruf Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka selalu menampilkan sesuatu yang berbeda. Konsepnya jelas, yakni sebagai persembahan nyata dari UHAMKA untuk Indonesia. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan lingkungan kampus sekaligus mengajak mahasiswa lebih aktif dalam kegiatan yang diadakan oleh kampus.

PETA menjadi wadah yang efektif bagi mahasiswa baru untuk saling mengenal satu sama lain. Mahasiswa baru pun akan lebih mengenal lingkungan barunya. Dengan begitu, proses adaptasi menjadi lebih mudah. Program Pekan Taaruf Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka pun berdampak positif karena diisi dengan kegiatan yang bermanfaat. Selain menambah wawasan, kegiatan tersebut juga mendorong kreatifitas dan meningkatkan rasa cinta terhadap tanah air.

Rangkaian Pekan Taaruf Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
Pekan Taaruf UHAMKA dibagi ke dalam dua periode, yakni PETA Universitas dan PETA Fakultas. Kegiatan ini biasanya dilakukan selama empat hari dan diresmikan langsung oleh Rektor atau Wakil Rektor dan dihadiri oleh dosen serta narasumber. Rangkaian acara PETA terdiri dari pemberian materi, penjelasan, pengenalan tentang universitas, fakultas, dan program studi. Di acara ini, setiap mahasiswa harus mengikuti aturan yang berlaku. Salah satunya adalah masalah pakaian dan barang bawaan.

Berdasarkan aturan, setiap mahasiswa harus mengenakan dress code yang sesuai dengan identitas UHAMKA, seperti memakai peci hitam dengan pin garuda atau kerudung menutupi dada. Sementara untuk PETA Fakultas, dress code dibedakan sesuai dengan fakultas. Contohnya, mahasiswa FKIP harus mengenakan pakaian berwarna abu-abu, FISIP mengenakan warna oranye, atau warna hijau untuk FAI. Masing-masing dress code bekaitan erat dengan indentitas fakultas tersebut. Pekan Taaruf UHAMKA menjadi langkah pertama bagi mahasiswa baru untuk membuka diri dan mulai mempersiapkan diri dengan tantangan yang ada di depan mata. 


Mau Beasiswa? Klik Disini

image : gema.uhamka.ac.id  

Tidak ada komentar