GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

INDONESIA TERKINI:

latest

Hari Donor Darah Sedunia, Benarkah Mitos Seputar Menyumbangkan Darah Ini?

14 Juni diperingati sebagai Hari Donor Darah sedunia. Menurut organisasi kesehatan dunia, WHO, nyaris semua orang bisa menyumbang darah mereka apabila mereka sehat.
Namun tetap saja ada beberapa peringatan, yang bisa jadi rumit la…



14 Juni diperingati sebagai Hari Donor Darah sedunia. Menurut organisasi kesehatan dunia, WHO, nyaris semua orang bisa menyumbang darah mereka apabila mereka sehat.
Namun tetap saja ada beberapa peringatan, yang bisa jadi rumit lantaran adanya mitos dan kesalahpahaman soal donor darah ini.

Ini adalah beberapa di antaranya.

Vegetarian tidak bisa menyumbang darah

Persoalannya adalah pada zat besi - komponen utama di dalam darah - dan kekhawatiran bahwa makanan vegetarian mengandung zat besi yang rendah. Namun selagi Anda menjalani pola makan yang seimbang, Anda tak akan kekurangan zat besi di dalam tubuh.

'Ancaman tersembunyi' dalam hidangan daging kambing
Minuman energi 'naikkan tekanan darah dan pengaruhi jantung'
Darah komodo punya potensi sembuhkan luka
Ketika kadar zat besi di dalam tubuh Anda rendah, maka Anda tak boleh menyumbang darah demi keselamatan Anda sendiri. Hampir seluruh negara di dunia akan menjalankan tes hemoglobin di lokasi donor darah dan akan menghalangi orang anemia untuk menyumbang darah.

Tato dan tindik akan membuat Anda dilarang menyumbang darah

Tidak ada larangan, tetapi memang ada waktu tunggu bagi orang yang baru mendapatkan tato dan tindik - bahkan kunjungan ke dokter gigi - sampai mereka boleh menyumbang darah.

Panduan WHO menyarankan waktu tunggu 6 bulan sesudah mendapat tato, 12 jam sesudah mendapat tindik dari profesional, dan 24 jam sesudah kunjungan ke dokter gigi serta sebulan sesudah operasi gigi, bagi seseorang untuk boleh menyumbang darah.

Anda tak bisa menyumbang darah ketika sakit, hamil, terlalu muda atau terlalu tua
Ini benar. Orang yang positif sesudah melalui tes HIV (atau virus AIDS), hepatitis, sifilis, tuberkulosis dan sejumlah infeksi yang bisa ditularkan lewat transfusi, tidak akan bisa menyumbang darah.

Tanda-tanda demam, flu, sakit tenggorokan, kuman di perut atau infeksi lain akan membuat Anda ditolak di pusat-pusat donor darah.

Anda harus benar-benar pulih dari berbagai infeksi sekurangnya 14 hari, sebelum bisa menyumbang darah.

Ketika Anda mengkonsumsi antibiotik, Anda harus menunggu tujuh hari sesudah pengobatan selesai, sebelum menyumbang darah.

Aturan untuk berbagai pengobatan lain berbeda dari satu negara ke yang lain.

Ketika Anda hamil, menyusui, baru saja melahirkan, atau menjalani aborsi, maka Anda harus menunggu agar kadar zat besi Anda kembali lagi sebelum menyumbang darah. Namun menstruasi bukan hambatan.

Umur minimum untuk donor darah adalah 16 tahun, yang merupakan syarat hukum untuk pemberian persetujuan di banyak negara.

Tidak ada batas atas untuk donor darah sekalipun banyak negara menetapkan usia antara 6-70 tahun.

Bagi orang yang pertama kali menyumbang darah, diperlukan perhatian khususnya di negara-negara dengan tingkat harapan hidup yang secara umum rendah.

Kegiatan "berisiko"

Hidup sesungguhnya adalah rangkaian risiko. Beberapa di antaranya bisa menghentikan Anda dari menyumbang darah.

WHO mengatakan "perilaku seksual berisiko tinggi" seperti misalnya memiliki banyak pasangan seks, atau mendapat bayaran untuk seks, atau hubungan sesama jenis untuk laki-laki, bisa membuat Anda berada dalam daftar tunggu sebelum bisa menyumbang darah.

Penggunaan obat-obatan untuk keperluan rekreasional melalui suntikan juga akan membuat Anda sulit menyumbang darah. Ini juga bisa terjadi jika Anda baru-baru saja bepergian ke daerah yang terjangkit endemi penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk seperti malaria, demam berdarah dan Zika.

Beberapa negara langsung melarang orang-orang yang terlibat pada kegiatan 'berisiko', tetapi aturan menyeluruh semacam itu kerap dianggap diskriminatif, sekalipun mungkin terjadi.

Anda tidak akan kehabisan darah

Orang dewasa rata-rata memiliki lima liter darah dalam tubuh, tergantung pada berat badan. Donor darah rata-rata mengambil sekitar 500ml cairan merah berharga itu dari tubuh Anda.

Orang dewasa sehat akan menggantikan cairan yang hilang tersebut dan sel-selnya dalam waktu 24-48 jam sesudah donasi.

Ringkasnya, jika Anda

Segar dan sehat
Memiliki berat badan antara 50kg hingga 160kg
Berusia antara 18 dan 66 (berlaku variasi berbeda antar negara)
Tidak hamil atau menyusui
Tidak punya sejarah infeksi HIV
Tidak terlibat dalam kegiatan 'berisiko' dalam 12 bulan terakhir
...maka Anda diperbolehkan menyumbangkan darah Anda.

DO NOT DELETE - DIGIHUB TRACKER FOR [48597011]

Kuliah Beasiswa...?? Klik Disini

Tidak ada komentar