GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

INDONESIA TERKINI:

latest

Status Gunung Anak Krakatau, Dari Waspada Jadi Siaga

Status Gunung Anak Krakatau, Dari Waspada Jadi Siaga

Berita24 - Menteri ESDM Ignasius Jonan menyampaikan bahwa status Gunung Anak Krakatau ditingkatkan, yang sebelumnya berstatus Waspada kini menjadi Siaga. Kabar tersebut ia perol…

Status Gunung Anak Krakatau, Dari Waspada Jadi Siaga

Berita24 - Menteri ESDM Ignasius Jonan menyampaikan bahwa status Gunung Anak Krakatau ditingkatkan, yang sebelumnya berstatus Waspada kini menjadi Siaga. Kabar tersebut ia peroleh dari Laporan Badan Geologi. (27/12)

Peringatan status Siaga ini menyebabkan jarak aman dari Gunung Anak Krakatau ditingkatkan dari radius 2 kilometer menjadi 5 kilometer dari gunung.

Aktivitas vulkanik Gunung Anak Krakatau memang meningkat sejak beberapa bulan terakhir. Tsunami yang melanda Selat Sunda kemarin juga disebabkan oleh erupsi Gunung Anak Krakatau yang membuat longsor bagian barat daya gunung dan menyebabkan tsunami.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengungkapkan bahwa aktivitas Gunung Anak Krakatau berpeluang memunculkan longsoran baru yang dapat memicu tsunami di Selat Sunda.

Ia pun mengimbau masyarakat agar tidak panik, tetap waspada dan menjauhi pesisir pantai sejauh 500 meter hingga 1 kilometer agar aman.

Sejauh ini, data dari BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) mencatat korban tsunami Selat Sunda yang menerjang Lampung Selatan dan Banten yaitu 430 orang meninggal dunia, 1.485 orang luka - luka, 154 orang hilang, dan sebanyak 16.082 orang mengungsi.

Mau Beasiswa? Klik Disini

Penulis : Icha RF

Sumber : kumparan.com

Image : idntimes.com

Tidak ada komentar