Rakyat Merdeka

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

KedaiKOPI: Elektabilitas Khofifah Berpotensi Susul Gus Ipul

Posted by On Februari 23, 2018

KedaiKOPI: Elektabilitas Khofifah Berpotensi Susul Gus Ipul

Liputan6.com, Jakarta - Dinamika politik Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018 semakin memanas. Hasil survei terbaru yang dirilis Lembaga Survei KedaiKOPI menunjukkan elektabilitas pasangan cagub-cawagub Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistianto Dardak semakin menyusul rivalnya, Syaifullah Yusuf-Puti Guntur.

Survei tersebut menyebutkan pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistianto memperoleh dukungan 46,3 persen suara di Jawa Timur.

  • Gus Ipul Diserang Kampanye Hitam Gara-Gara Cium Tangan Megawati
  • Elektabilitas Disurvei Meningkat, Ini Respons Partai Golkar
  • Dukung Jokowi 2 Periode, Golkar: Bukan untuk Incar Posisi Wapres

Survei melibatkan 600 responden yang dipilih dengan metode acak bertingkat di kabupaten dan kota wilayah Jawa Timur, dengan margin of error di kisaran 4 persen dan kepercayaan 95 persen.

Menanggapi hal tersebu t Pengamat Politik Universitas Airlangga (Unair), Airlangga Pribadi Kusman menilai hasil survei menunjukkan tren positif untuk pasangan Khofifah-Emil. Terlebih, elektabilitas Khofifah dari lembaga survei lainnya pada Desember 2017 lalu masih di angka 33 persen.

"Tren kenaikan (elektabilitas) Ibu Khofifah kelihatan ada dari hasil sebelumnya. Kedua range margin of error 4 persen. Bu Khofifah bisa naik dan Gus Ipul turun," tutur Airlangga dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, (23/2/2018).

CEO The Initiative Institute ini menilai, dengan elektabilitas 53,7 persen pasangan Syaifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno tidak lebih unggul dari duet Khofifah-Emil.

Sebab, Gus Ipul dengan label petahana yang hanya berjarak 7 persen dianggap tidak ada peningkatan elektabilitas yang signifikan.

"Masih range 7 persen, dengan margin of error 4 persen, masih tipis. Apalagi incumbent menjadi persoalan dengan jarak itu, belum tahap aman.

1 dari 2 halaman

Ancaman Gus Ipul

Poltekpel Surabaya jajaki Kerjasama Pemberdayaan Masyarakat
Wakil Gubernur Jawa Timur Syaifullah Yusuf bertemu bahas program Diklat Pemberdayaan Masyarakat bagi Masyarakat Jawa Timur.

Menurut Airlangga, angka 7 persen bisa berarti sebuah ancaman bagi Gus Ipul. Pasalnya, dalam waktu 4 bulan ke depan, pasangan Khofifah-Emil sangat mungkin mengejar.

"Belum bisa jadi acuan. Kecuali jaraknya misalnya selisih 10 persen dengan margin (of error) 3 persen itu baru bisa aman. Kalau seperti itu belum bisa melihat, masih akan berubah," jelas dia.

Sementara itu, Khofifah unggul popularitas dengan nilai 94,1 persen, disusul oleh Gus Ipul (90,9 persen), dan Emil (48,7 persen), sedangkan Puti dikenal oleh hanya 28,5 persen publik Jawa Timur.

Menurut Airlangga l angkah politik dan program bisa menentukan keunggulan elektabilitas setiap pasangan calon. Karena itu, dia berharap, dua pasangan ini banyak melakukan adu gagasan dan program dalam kampanyenya.

"Di level popularitas itu memang sudah optimal. Bu Khofifah sebagai Mensos dan Gus Ipul sebagai Wakil. Sudah harus memunculkan kapasitas yang lebih optimal, sudah saatnya bicara tentang program kapasitas menyelesaikan terutama masalah kemiskinan," pungkas dia.

Wawancara khusus Liputan6.com bersama Pasangan Calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak.

Sumber: Google News Eletabilitas

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »