Rakyat Merdeka

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Janji dan Seruan Parpol untuk Pemilu 2019

Posted by On Februari 19, 2018

Janji dan Seruan Parpol untuk Pemilu 2019

JAKARTA, KOMPAS.com - Janji dan seruan disampaikan para pimpinan partai politik pada pengundian nomor urut parpol peserta Pemilu 2019, Minggu (18/2/2018).

Pemilu 2019 akan diikuti oleh 14 partai politik. Inilah yang disampaikan para pimpinan parpol. Ada yang berupa janji, ada pula yang berupa seruan agar pemilu berlangsung aman. Apapun janji mereka, catat, dan suatu saat bisa ditagih realisasinya.

Partai Kebangkitan Bangsa

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), yang berdiri pada 23 Juli 1998, mendapatkan nomor urut 1 pada Pemilu 2019.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) berharap, seluruh partai politik peserta Pemilu 2019 memiliki satu tujuan yang sama, yaitu Indonesia yang adil, makmur, dan sejahtera.

"DPR, pemerintah, hanyalah jalan menuju Indonesia yang adil, makmur dan sejahtera," kata Cak Imin, dalam sambutan usai pengambilan dan penetapan nomor urut partai peserta pemilu 2019, di Jakarta, Minggu (18/2/2018).

Mengakhiri sambutannya, Cak Imin melemparkan sebuah pantun, "Buat apa mengaku perkasa, kalau tidak mampir ke Sumatera. Buat apa berkuasa, kalau tidak bisa membuat rakyat sejahtera".

Gerindra

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto meminta semua penyelenggara pemilu seperti KPU dan Bawaslu menjaga netralitasnya sepanjang pemilu. Menurut dia hal itu akan menjadi tugas berat bagi kedua lembaga.

Ia mengatakan, demokrasi merupakan sistem politik terbaik bagi Indonesia yang harus dijaga keberlangsungannya, dan salah satu wujud dari demokrasi adalah diselenggarakannya pemilu.

Dengan demikian, akan terwujud pemilu yang berkualitas sebagai upaya menjaga keberlangsungan demokrasi di Indonesia.

"Karena itu kami memohon kekuatan dari yang maha kuasa untuk memberi pada petugas KPU kekuatan lahir batin agar bisa melaks anakan tugas untuk Indonesia," kata Prabowo.

Pada Pemilu 2019, Partai Gerindra mendapatkan nomor urut 2. Yel-yel "Salam Dua Jari" langsung menggema.

PDI Perjuangan

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Megawati Soekarnoputri mengingatkan seluruh partai politik peserta pemilu dan penyelenggara pemilu untuk menjamin hak politik rakyat.

Dalam sambutannya, Megawati menyampaikan perjalanan pemilu dari masa ke masa. Mulai dari pemilu 1955 hingga memasuki era reformasi, dan menjelang Pemilu 2019.


Menurut dia, saat ini banyak persoalan yang dihadapi bangsa Indonesia. Megawati berharap agar peserta pemilu tidak melakukan hal-hal yang mengarah pada SARA sehingga menambah persoalan.

"Karena ini demi kebaikan dan kesejahteraan rakyat secara menyeluruh. Supaya republik Indonesia ini tetap berdiri dengan tegak," kata Mega.

Saat pengundian, PDI Perjuangan mendapatkan nomor urut 3.

Golkar

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengasosiasikan nomor urut partainya, yakni 4, dengan program partai yang tengah digencarkan.

Keempat program tersebut yakni penyediaan lapangan kerja, penyediaan sembako murah, penyediaan rumah yang harga dan jaraknya terjangkau.

"Karena itu Golkar meminta dukungan kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk berjuang bersama. Kepada kader Golkar, izinkan bersama ini saya sampaikan yel Golkar yang baru. Ada empat, Golkar bangkit, Golkar jaya, Golkar maju, Golkrar menang," kata Airlangga.

Nasdem

Dalam pidato singkatnya, Sekjen Partai Nasdem Johhny G Plate mengajak seluruh masyarakat Indonesia tak terjebak pada politik uang di pemilu 2019.

Seluruh masyarakat Indonesia diajak untuk melihat ide dan gagasan yang dibawa oleh partai pada Pemilu 2019.


"Money politics sudah kuno. Gagasan ide dan program brilian adalah zaman now," kata Johnn y.

Nasdem mendapatkan nomor urut 4 pada Pemilu 2019.

Partai Garuda

Ketua Umum Partai Garuda Ahmad Ridha Sabana mengaku bersyukur mendapat nomor urut 6 pada Pemilu 2019. Menurut dia, nomor berapapun tak masalah.

"Kami bersyukur, kami anak muda dari Partai Garuda mendapatkan kesempatan untuk menyuarakan demokrasi di Indonesia," ucap Ahmad.

Partai Berkarya

Ketua Umum Partai Berkarya Neneng A Tuttu mengatakan, partainya beruntung mendapat nomor 7 dalam Pemilu 2019. Menurut dia, nomor 7 adalah nomor keberuntungan.

"Mudah-mudahan kami bisa menang di Pemilu 2019," ujar Neneng.

Partai Keadilan Sejahtera

Ketua Umum PKS Sohibul Iman mengatakan, tugas utama partai politik adalah memperjuangkan aspirasi masyarakat serta melakukan kaderisasi pemimpin nasional.

Oleh karena itu, jika parpol gagal menjalankan tugas tersebut, maka rakyat harus mengingatkannya karena m erupakan tanggung jawab konstitusional partai politik.


"Saya atas nama Presiden PKS meminta kepada seluruh rakyat Indonesia mendukung dan mengingatkan kami pimpinan parpol seandainya kami melenceng dari amanah konstitusi," kata Sohibul, yang partainya mendapatkan nomor urut 8.

Perindo

Ketua Umum Perindo Harry Tanoesoedibjo mengatakan, saat ini Indonesia tengah mengalami bonus demografi.

Artinya, penduduk usia muda lebih banyak di Indonesia dibandingkan usia tua.

Akan tetapi, bonus demografi ini juga menyimpan tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Tantangan tersebut yakni adanya ketimpangan ekonomi dan ketimpangan antara permintaan dan ketersediaan lapangan pekerjaan.


Oleh karena itu, kata Harry, sejak awal partai Perindo fokus pada menurunkan ketimpangan ekonomi dengan penciptaan lapangan pekerjaan.

"Kalau pemberi kerja di Indonesia semakin banyak, lebih banyak dari pencari kerja, maka gaji akan naik,&q uot; kata Harry dalam sambutan pengundian dan penetapan nomor urut peserta pemilu 2019, di Kantor Komisi Pemilihan Umum RI (KPU), Jakarta, Minggu (18/2/2018).

Perindo mendapatkan nomor urut 9 pada Pemilu 2019.

Partai Persatuan Pembangunan

Ketua Umum PPP Romahurmuziy meminta semua pihak tidak saling menghujat sepanjang Pemilu 2019 berlangsung.


Ia mengatakan, masyarakat dan elit parpol menghindari kampanye yang berbau SARA dan ujaran kebencian.

"Pada kesempatan ini, saya mengajak untuk bersama menghindarkan diri dari kontestasi politik ke depan dengan ujaran kebencian. Ada 39 persen pemilih generasi milineal. Mari kita ajak kepada mereka politik yang santun, beradab, saling memuji dan menutupi kekurangan," kata Rommahurmuziy.

Partai Solidaritas Indonesia

Ketua Umum PSI Grace Natalie mengatakan, partainya akan memerangi korupsi dan intoleransi yang dinilai menjadi persoalan utama di Indonesia.

< br/>Ia juga berjanji jika berhasil masuk parlemen, tak akan membentengi diri dari kritik dengan segala aturan.

"Bro dan sis di seluruh Indonesia berbanggalah, dengan no 11 kami siap memenangkan pemilu dengan mengisi kursi2 parlemen tidak akan merampok uang rakyat dan tidak akan membentengi diri dari kritik," ujar Grace.

Partai Amanat Nasional

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengajak seluruh partai dan pemilih untuk tidak melupakan persatuan dan kesatuan bangsa selama Pemilu 2019 berlangsung.

"Warna boleh beda. Partai boleh beda, tapi merah putih kita sama," ujar Zulkifli.


Hanura

Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang meminta semua pihak mengenang Indonesia di masa perebutan kemerdekaan di mana tak ada yang mempermasalahkan agama, suku, ras, dan golongan seseorang.

"Tidak ada satupun yang bertanya, kau siapa, asal usulmu dari mana, warna kulitmu apa, agamamu apa, tidak ada. Yang ad a tekadnya adalah merdeka. Setelah merdeka, apakah kita harus berkelahi lagi?" tutur Oesman Sapta


Demokrat

Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat Agus Harimurto Yudhoyono mengajak semua kader partainya memenangkan hati rakyat di Pemilu 2019.

Ia juga mengingatkan semua pihak untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.


"Jangan sampai persatuan dan kesatuan NKRI kita gadaikan. Kami mengajak seluruh rakyat Indonesia mengikuti proses demokrasi ini," papar Agus. Kompas TV Komisi Pemilihan Umum telah menyelenggarakan pengundian nomor urut partai politik peserta pemilu.
Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
  • Jelang Pemilu 2019

Berita Terkait

Menanti Gebrakan Empat Partai Baru Peserta Pemilu 2019

Hari Ini, Partai Politik Peserta Pemilu 2019 Ambil Nomor Urut

Pilpres 2019, Fadli Zon Sebut Jokowi dan Prabowo Bakal "Rematch"

Poltracking Indonesia: AHY Kandidat Cawapres Terkuat di Pemilu 2019

Catat, Inilah Nomor Urut Parpol Peserta Pemilu 2019!

Terkini Lainnya

Jusuf Kalla Pastikan Asian Games 2018 Tak Akan Mepet seperti Olimpiade Rio

Jusuf Kalla Pastikan Asian Games 2018 Tak Akan Mepet seperti Olimpiade Rio

Olahraga 19/02/2018, 15: 00 WIB Erupsi Gunung Sinabung, Wilayah Dairi dan Pakpak Barat Tertutup Kabut Tebal

Erupsi Gunung Sinabung, Wilayah Dairi dan Pakpak Barat Tertutup Kabut Tebal

Regional 19/02/2018, 14:59 WIB Wabah Campak Serang Warga 6 Dusun Terpencil di Tabulahan

Wabah Campak Serang Warga 6 Dusun Terpencil di Tabulahan

Regional 19/02/2018, 14:58 WIB Tiang Kabel Miring Sekitar 45 Derajat, Warga Khawatir Tertimpa

Tiang Kabel Miring Sekitar 45 Derajat, Warga Khawatir Tertimpa

Megapolitan 19/02 /2018, 14:56 WIB Tim SAR Iran Temukan Lokasi Jatuhnya Pesawat Milik Aseman Airlines

Tim SAR Iran Temukan Lokasi Jatuhnya Pesawat Milik Aseman Airlines

Internasional 19/02/2018, 14:56 WIB Polisi Tembak Kaki Buronan Pencuri Rumah Kosong di Kebon Jeruk

Polisi Tembak Kaki Buronan Pencuri Rumah Kosong di Kebon Jeruk

Megapolitan 19/02/2018, 14:55 WIB Pemprov DKI Batal Ikut Tanggung Kerugian Kerusakan GBK

Pemprov DKI Batal Ikut Tanggung Kerugian Kerusakan GBK

Megapolitan 19/02/2018, 14:54 WIB Senin Sore, Yusril Masukkan Gugatan Sengketa Penetapan Parpol Peserta Pemilu

Senin Sore, Yusril Masukkan Gugatan Sengketa Penetapan Parpol Peserta Pemilu

Nasional 19/02/2018, 14:45 WIB LRT Kelapa Gading-Velodrome Molor, Anies Tambah Pekerja

LRT Kelapa Gading-Velodrome Molor, Anies Tambah Pekerja

Megapolitan 19/02/2018, 14:44 WIB Kabur dari Rumah Jagal, Sapi Ini Tinggal Sendirian di Sebuah Pulau

Kabur dari Rumah Jagal, Sapi Ini Tinggal Sendirian di Sebuah Pulau

Internasional 19/02/2018, 14:41 WIB Menurut Nazaruddin, Semua Ketua Fraksi Terima Uang E-KTP

Menurut Nazaruddin, Semua Ketua Fraksi Terima Uang E-KTP

Nasional 19/02/2018, 14:39 WIB Bertelur Lagi, Seorang Remaja Kembali Dibawa ke Rumah Sakit

Bertelur Lagi, Seorang Remaja Kembali Dibawa ke Rumah Sakit

Regional 19/02/2018, 14:38 WIB Polisi Tunggu Laporan Panitia untuk Tetapkan Tersangka Perusakan GBK

Polisi Tunggu Laporan Panitia untuk Tetapkan Tersangka Perusakan GBK

Megapolitan 19/02/2018, 14:36 WIB Unggah Foto Memegang Pistol, Politisi Australia Dikecam

Unggah Foto Memegang Pistol, Politisi Australia Dikecam

Internasional 19/02/2018, 14:33 WIB Pebalap Cantik Alami Kecelakaan di Ajang Daytona 500

Pebalap Cantik Alami Kecelakaan di Ajang Daytona 500

Olahraga 19/02/2018, 14:30 WIB Load MoreSumber: Google News Parpol

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »